TUGAS PERTEMUAN
III
Membuat laporan praktikum sebagai berikut :
A.
CLASS
Kelas java didefenisikan dengan menggunaka kata kunci class, berikut ini
merupakan deklarasi kelas pada java.
[modifier1] class
Namakelas[modifier2]{
Class
body;
}
B.
METHOD
Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu
tugass menjadi satu unit tersendiri... Berikut ini merupakan deklarasi method
pada java:
[modifier1]tipeNilai kembali namaMethod(parameter input){
Method body;
}
C.
CONSTRUCTOR
Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama
kelas dimana method itu berada. Contructor digunakan untuk menginisialisasi
nilai awal (memeberikan nilai default) pada atribut – atribut yang dimiliki
oleh suatu objek saat objek itu kali dibuat.
D.
MODIFIER
Modifier
adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelass dal;am
java sama. modi fier akses adalah modifier yang selalu digunakan,
modifier akses terdiri dari privat,defauld, protected dan public.
Beberapa
modifier penting lainnya :
a. Satatic
yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut mapun method dapat diakses
oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelass
dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh
method modifier static yang sering digunakan.
b. Final
yaitu modifer yang digunakan untuk
mencengah kemungkinana modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini smuatu
atribut akan berlaku sebagai konstanta.
E.
OBJECT
Sebuah kelas
dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlukan
secara berbeda oleh objek-o0bjek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu
kelas.
Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1. NamaKelas
NamaObjek=new NamaConstructor(0;
2. NamaKelas
NamaObjek;
Namaobjek=new
NamaConstructor();
Proses tersebut diatas disebutkan Instansiasi
Programnya:
1. Disket
Public class
Disket {
Int panjang = 10;
final int LEBAR = 10;
String warna = “kuning”;
String bentuk = “segiempat”;
String data = “ “;
void simpanData
(String data1) {
this.data +=data1
}
void hapusdata()
{
data = “ “;
}
String
bacaData() {
Return data;
}
}
Keterangannya:
1.
Public classi
Disket ini disebutkan sebagai Modifier Public
2.
final int LEBAR
= 10;
String warna =
“kuning”;
String bentuk =
“segiempat”;
Ini disebut
sebagai constructor
3.
void simpanData
ini memakai parameter
void hapusdata()
String
bacaData()
Ini disebut
sebagai Method yang mana memiliki tanda tutup kurung dan buka kurung.
Void adalah
memanggil nilai balik.
Tapi program ini
tidak memiliki output karna tidak
mempunyai fungsi utama.maka bisa ,kita jalankan dengan mengklik tombol ctrl+1
dan ctrl+2 kemudian dijalankan. Maka akan tampil seperti gambar dibawah
ini......
2.
MAINDISKET
Class MainDisket {
Public static void main (String[]
args) {
Disket disk1 = new Disket();
System.out.println(“panjang
disket =
“+ disk1.panjang);
System.out.println(“Lebar disket = “+
disk1.LEBAR);
System.out.println(“Warna disket = “+
disk1.warna);
System.out.println(“Bentuk
disket =
“+ disk1.bentuk);
System.out.println(“data mula-mula
= “+ disk1.bacadata());
Disk1.simpanData(“Belajar Java”);
System.out.println(“setelah simpanData
= “+ disk1.bacaData());
Disk1.hapusData();
System.out.println(“Seletah hapusData
= “+ disk1.bacaData());
}
}
Keterangannya
:
1.
Class MainDisket
{
Ini tidak
memiliki modifier
2.
Public static
void main
Ini sebagai
Fungsi utama
3.
Disket disk1 =
new Disket();
Ini untuk
memanggil method disket supaya bisa mendeklarasikan objek.
4.
System.out.println(“panjang
disket =
“+ disk1.panjang);
Ini untuk
memanggil atribut panjang pada dist1.
5.
System.out.println(“Lebar
disket =
“+ disk1.LEBAR);
Ini untuk
memanggil atribut LEBAR pada dist1.
6.
System.out.println(“Warna
disket =
“+ disk1.warna);
Ini untuk
memanggil atribut warna dari object disk1 dari class disket.
7.
System.out.println(“data
mula-mula = “+ disk1.bacadata());
Ini untuk
memanggil atribut bacadata dari object disk1
8.
Disk1.simpanData(“Belajar
Java”);
Ini untuk
memanggil method simpandata dari dist1.
9.
Disk1.hapusData();
Ini untuk
memanggil atribut bacaData pada disk1.
Maka ketika
kita mengimput data yang nilainya 100 seperti
yang dibawah ini yaitu :
Disket () {
Panjang = 100;
}
Disket (int
panjang) {
This.panjang = panjang1;
}
Diimput
kedalam mainDisket maka akan tampil nilai outputnyaa nilainya sebanyak 100 sebagai berikut :
Maka ketika
kita mengimput data yang nilainya 50
seperti yang dibawah ini yaitu :
Disket () {
Panjang = 50;
}
Disket (int
panjang) {
This.panjang = panjang1;
}
Diimput kedalam
mainDisket maka akan tampil nilai outputnyaa nilainya sebanyak 50 sebagai berikut :
A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar