Rabu, 05 Desember 2012

PERTEMUAN III


TUGAS PERTEMUAN III
Membuat laporan praktikum sebagai berikut :
A.      CLASS
Kelas java didefenisikan dengan menggunaka kata kunci class, berikut ini merupakan deklarasi  kelas pada java.
                [modifier1] class Namakelas[modifier2]{
                                Class body;
}
B.      METHOD
Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugass menjadi satu unit tersendiri... Berikut ini merupakan deklarasi method pada java:
[modifier1]tipeNilai kembali namaMethod(parameter input){
                Method body;
}
C.      CONSTRUCTOR
Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Contructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memeberikan nilai default) pada atribut – atribut yang dimiliki oleh suatu objek saat objek itu kali dibuat.
D.      MODIFIER
        Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelass dal;am java sama. modi fier  akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari privat,defauld, protected dan public.

        Beberapa modifier penting lainnya :
a.       Satatic yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut mapun method dapat diakses oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelass dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
b.      Final yaitu modifer  yang digunakan untuk mencengah kemungkinana modifikasi terhadap atribut  maupun method, dengan modifier ini smuatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
E.       OBJECT
        Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlukan secara berbeda oleh objek-o0bjek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu kelas.

Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1.       NamaKelas NamaObjek=new NamaConstructor(0;
2.       NamaKelas NamaObjek;
Namaobjek=new  NamaConstructor();
Proses tersebut diatas disebutkan Instansiasi
Programnya:
1.  Disket
Public class Disket {
            Int panjang = 10;
            final int LEBAR = 10;
            String warna  = “kuning”;
            String bentuk = “segiempat”;
            String data = “ “;
void simpanData (String data1) {
            this.data +=data1
}
void hapusdata() {
            data = “ “;
}
String bacaData() {
            Return data;
            }
}

Keterangannya:
1.      Public classi Disket  ini disebutkan sebagai Modifier Public
2.      final int LEBAR = 10;
String warna = “kuning”;
String bentuk = “segiempat”;
Ini disebut sebagai  constructor
3.      void simpanData ini memakai parameter
void hapusdata()
String bacaData()
Ini disebut sebagai Method yang mana memiliki tanda tutup kurung dan buka kurung.
Void adalah memanggil nilai balik.
Tapi program ini tidak memiliki output karna tidak mempunyai fungsi utama.maka bisa ,kita jalankan dengan mengklik tombol ctrl+1 dan ctrl+2 kemudian dijalankan. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini......


2.  MAINDISKET
Class MainDisket {
Public static void main (String[] args) {
Disket disk1 = new Disket();
System.out.println(“panjang disket  =  “+ disk1.panjang);
System.out.println(“Lebar disket  =  “+ disk1.LEBAR);
System.out.println(“Warna disket  =  “+ disk1.warna);
System.out.println(“Bentuk disket  =  “+ disk1.bentuk);

System.out.println(“data mula-mula =  “+ disk1.bacadata());
Disk1.simpanData(“Belajar Java”);
System.out.println(“setelah  simpanData     =  “+ disk1.bacaData());
Disk1.hapusData();
System.out.println(“Seletah hapusData = “+ disk1.bacaData());
}
}


            Keterangannya :
1.      Class MainDisket {
Ini tidak memiliki modifier
2.      Public static void main
Ini sebagai Fungsi utama
3.      Disket disk1 = new Disket();
Ini untuk memanggil method disket supaya bisa mendeklarasikan objek.
4.      System.out.println(“panjang disket  =  “+ disk1.panjang);
Ini untuk memanggil atribut panjang pada dist1.
5.      System.out.println(“Lebar disket  =  “+ disk1.LEBAR);
Ini untuk memanggil atribut LEBAR pada dist1.
6.      System.out.println(“Warna disket  =  “+ disk1.warna);
Ini untuk memanggil atribut warna dari object disk1 dari class disket.
7.      System.out.println(“data mula-mula =  “+ disk1.bacadata());
Ini untuk memanggil atribut bacadata dari object disk1
8.      Disk1.simpanData(“Belajar Java”);
Ini untuk memanggil method simpandata dari dist1.
9.      Disk1.hapusData();
Ini untuk memanggil atribut bacaData pada disk1.

Maka ketika kita mengimput data  yang nilainya 100 seperti yang dibawah ini yaitu :
Disket () {
            Panjang = 100;
}
Disket (int panjang) {
            This.panjang = panjang1;
}

Diimput kedalam mainDisket maka akan tampil nilai outputnyaa nilainya  sebanyak 100 sebagai berikut :




















Maka ketika kita mengimput data  yang nilainya 50 seperti yang dibawah ini yaitu :
Disket () {
            Panjang = 50;
}
Disket (int panjang) {
            This.panjang = panjang1;
}

Diimput kedalam mainDisket maka akan tampil nilai outputnyaa nilainya  sebanyak 50 sebagai berikut :

A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar