Sabtu, 08 Desember 2012

PERTEMUAN VII


TUGAS PERTEMUAN VII
MATERI
A.    PACKAGE
Package adalah cara untuk mengelompokan class dan interface yang ada ke dalam kelompoknya (name space) masing – masing sehingga lebih mudah diatur dan memungkinkan penggunaan nama yang sama.
            Untuk mendefinisikan suatu package digunakan keyword package. Pendefinisian nama package harus terletak di bagian paling atas dari source program kita. Sintaks pendefinisian nama package adalah sebagai berikut:
package namaPackage;

Contoh:
package siswa;
Java menggunakan package seperti struktur direktori. Oleh karena itu semua class atau interface yang memiliki definisi package seperti contoh di atas, harus disimpan pada direktori bernama siswa.
Kita juga dapat membuat package secara hierarki layaknya struktur direktori.
Contoh:
kage hen.com.contoh;
Pada contoh di atas menunjukan bahwa semua class atau interface yang menggunkan deklarasi package ini harus disimpan pada direktori hen -> com -> contoh.
Apabila program kita akan menggunakan sebua class yang terletak pada package yang berbeda, maka kita harus mengimportnya agar dapat digunakan.


Contoh programnya

packace control;
public interface Control {
 public void pindahChannel(int channel);
 public void perbesarVolume(int intensitas);
 public void perkecilVolume(int intensitas);
}


package tv;
import control.Control;
public class TVPolitron implements Control{
 String[] channel = {"RCTI","SCTV","INDOSIAR","ANTV","TV7"};
 public void pindahChannel(int channel) {
  System.out.println("Pindah channel pada TV Politron ke "+ this.channel[channel]);
 }
 
 public void perbesarVolume(int intensitas) {
 
  System.out.println("Perbesar volume pada TV Politron sebanyak "+ intensitas);
 }
 
 public void perkecilVolume(int intensitas) {
    System.out.println("Perkecil volume pada TV Politron sebanyak "+ intensitas);
 }

}

package tv;
import control.Control;
public class TVSamsung implements Control{
 String[] channel = {"RCTI","SCTV","INDOSIAR","ANTV","TV7"};
 public void pindahChannel(int channel) { 
  System.out.println("Pindah channel pada TV Samsung ke "+ this.channel[channel]);
 }
public void perbesarVolume(int intensitas) { 
  System.out.println("Perbesar volume pada TV Samsung sebanyak "+ intensitas);
 }
public void perkecilVolume(int intensitas) { 
  System.out.println("Perkecil volume pada TV Samsung sebanyak "+ intensitas);
 }
}

package remote;
import control.Control;
import tv.*;
public class RemoteControl {
 public void kirimPerintahKeTv(int aksi,Control tv,int tombol){
  switch(aksi){
   case 1:
    tv.pindahChannel(tombol);
    break;
   case 2:
    tv.perbesarVolume(tombol);
    break;
   case 3:
    tv.perkecilVolume(tombol);
    break;
  }
 }
}

import remote.RemoteControl;
import tv.*;
import control.Control;
public class TestRemoteControl {
 public static void main(String[] args){
  TVPolitron tvp = new TVPolitron();
  TVSamsung tvs = new TVSamsung();
  RemoteControl rc = new RemoteControl();
  rc.kirimPerintahKeTv(1,tvp,1); 
 }
}


B.     JAVA KELAS

Sun microsystems, inc. Selaku pengembang utama java menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi Java.
a.       Kelas String
String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat berguna untuk memanipulasi string. Beberapa method dalam kelas string adalah..
1.      Char char(int indeks): menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks.
2.      Boolean equals(Objec anObject): membandingkan string ini dengan objek lain.
3.      Boolean equalsIgnoreCase(String anString) : membandingkan string membnadingkan string ini dengan objek lain. Tidak case sensitive.
4.      Int length() : mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string
5.      String toLowerCase() : mengkonversikan semua karakter menjadi huruf kecil.
6.      String toUpperCase() : mengembalikan salinan string ini setelah menghilangkan spasi kosong di awal dan di akhir.

b.      Kelas Math
Math adalah kelas yang terdapat pada paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika. Beberapa method dalam kelas math adalah..
1.      Double abs(double a) : menghasilkan nilai mutlak dari atribut.
2.      Double ceil(double a) : mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan kebawah.
3.      Double floor(double a) : mengkonvesikan nilai atribut dengan pembulatan keatas.
4.      Long round(double a) : menghasilkan nilai yang merupakan bilangan bulat terdekat dengan parameter a.
5.      Double sqrt(double a) : menghasilkan nilai yang merupakan akar kuadrat dari a.



Dibutuhkan kritik dan saran dari pembaca....dimana untuk melengkapi laporan ini....
God Lunck...


Rabu, 05 Desember 2012

PERTEMUAN III


TUGAS PERTEMUAN III
Membuat laporan praktikum sebagai berikut :
A.      CLASS
Kelas java didefenisikan dengan menggunaka kata kunci class, berikut ini merupakan deklarasi  kelas pada java.
                [modifier1] class Namakelas[modifier2]{
                                Class body;
}
B.      METHOD
Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugass menjadi satu unit tersendiri... Berikut ini merupakan deklarasi method pada java:
[modifier1]tipeNilai kembali namaMethod(parameter input){
                Method body;
}
C.      CONSTRUCTOR
Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Contructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memeberikan nilai default) pada atribut – atribut yang dimiliki oleh suatu objek saat objek itu kali dibuat.
D.      MODIFIER
        Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelass dal;am java sama. modi fier  akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari privat,defauld, protected dan public.

        Beberapa modifier penting lainnya :
a.       Satatic yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut mapun method dapat diakses oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelass dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
b.      Final yaitu modifer  yang digunakan untuk mencengah kemungkinana modifikasi terhadap atribut  maupun method, dengan modifier ini smuatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
E.       OBJECT
        Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlukan secara berbeda oleh objek-o0bjek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu kelas.

Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1.       NamaKelas NamaObjek=new NamaConstructor(0;
2.       NamaKelas NamaObjek;
Namaobjek=new  NamaConstructor();
Proses tersebut diatas disebutkan Instansiasi
Programnya:
1.  Disket
Public class Disket {
            Int panjang = 10;
            final int LEBAR = 10;
            String warna  = “kuning”;
            String bentuk = “segiempat”;
            String data = “ “;
void simpanData (String data1) {
            this.data +=data1
}
void hapusdata() {
            data = “ “;
}
String bacaData() {
            Return data;
            }
}

Keterangannya:
1.      Public classi Disket  ini disebutkan sebagai Modifier Public
2.      final int LEBAR = 10;
String warna = “kuning”;
String bentuk = “segiempat”;
Ini disebut sebagai  constructor
3.      void simpanData ini memakai parameter
void hapusdata()
String bacaData()
Ini disebut sebagai Method yang mana memiliki tanda tutup kurung dan buka kurung.
Void adalah memanggil nilai balik.
Tapi program ini tidak memiliki output karna tidak mempunyai fungsi utama.maka bisa ,kita jalankan dengan mengklik tombol ctrl+1 dan ctrl+2 kemudian dijalankan. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini......


2.  MAINDISKET
Class MainDisket {
Public static void main (String[] args) {
Disket disk1 = new Disket();
System.out.println(“panjang disket  =  “+ disk1.panjang);
System.out.println(“Lebar disket  =  “+ disk1.LEBAR);
System.out.println(“Warna disket  =  “+ disk1.warna);
System.out.println(“Bentuk disket  =  “+ disk1.bentuk);

System.out.println(“data mula-mula =  “+ disk1.bacadata());
Disk1.simpanData(“Belajar Java”);
System.out.println(“setelah  simpanData     =  “+ disk1.bacaData());
Disk1.hapusData();
System.out.println(“Seletah hapusData = “+ disk1.bacaData());
}
}


            Keterangannya :
1.      Class MainDisket {
Ini tidak memiliki modifier
2.      Public static void main
Ini sebagai Fungsi utama
3.      Disket disk1 = new Disket();
Ini untuk memanggil method disket supaya bisa mendeklarasikan objek.
4.      System.out.println(“panjang disket  =  “+ disk1.panjang);
Ini untuk memanggil atribut panjang pada dist1.
5.      System.out.println(“Lebar disket  =  “+ disk1.LEBAR);
Ini untuk memanggil atribut LEBAR pada dist1.
6.      System.out.println(“Warna disket  =  “+ disk1.warna);
Ini untuk memanggil atribut warna dari object disk1 dari class disket.
7.      System.out.println(“data mula-mula =  “+ disk1.bacadata());
Ini untuk memanggil atribut bacadata dari object disk1
8.      Disk1.simpanData(“Belajar Java”);
Ini untuk memanggil method simpandata dari dist1.
9.      Disk1.hapusData();
Ini untuk memanggil atribut bacaData pada disk1.

Maka ketika kita mengimput data  yang nilainya 100 seperti yang dibawah ini yaitu :
Disket () {
            Panjang = 100;
}
Disket (int panjang) {
            This.panjang = panjang1;
}

Diimput kedalam mainDisket maka akan tampil nilai outputnyaa nilainya  sebanyak 100 sebagai berikut :




















Maka ketika kita mengimput data  yang nilainya 50 seperti yang dibawah ini yaitu :
Disket () {
            Panjang = 50;
}
Disket (int panjang) {
            This.panjang = panjang1;
}

Diimput kedalam mainDisket maka akan tampil nilai outputnyaa nilainya  sebanyak 50 sebagai berikut :

A